To Top Page Up Page Down To Bottom Auto Scroll Stop Scroll

Ini blog buat catatan online aku aja, buat dibuka kalo lagi lupa sesuatu. Kalo lagi ada ide tulis, kalo lupa tinggal buka.

Rabu, 30 Juni 2021

Kenapa Mouse Gw Pake Klik Kanan ?

Ringkasan dari postingan ini :

Klik kanan membuat posisi jari tangan gw lebih rileks. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya rasa sakit yang timbul akibat terlalu lama kerja pake mouse.

Kalau mau tau cerita awalnya dan penjelasan lebih detailnya, nanti ada penjelasannya secara detail di bawah, lanjutkan saja membaca sampai akhir.

Why do I use Right-Click ?

People said that I’m weird because I used right-click on my mouse and not left-click like many other people. But why ? Why do I use right-click instead of normal left-click ? Let me explain.

Pada awalnya, gw terbiasa kerja dengan cara cepet, dan mindset gw selalu gw harus selesain semua kerjaan dengan cepet. Karena apa ? kalo nanti gw kerja pake lama, nanti yang ada rasa malas akan datang dan bikin semangat kerja gw jadi hilang. Oleh karena itu gw harus kerja secepet-cepetnya sebelum rasa malas itu datang dan akhirnya gw jadi bad mood dan ga semangat kerja lagi.

Nah karena gw kerja secara cepet, otomatis badan dan otot tangan gw ngikutin apa kemauan gw dong. Secara otomatis otot-otot tangan dan tendon jari-jari gw melakukan gerakan repetitif selama berjam-jam nonstop tanpa istirahat. Dan hal tersebut membuat jari jari gw sakit, khususnya jari telunjuk gw karena gw kerja pake mouse komputer. Setelah itu gw ada di satu titik dimana jari telunjuk gw udah sakit banget akibat kebiasaan kerja cepet gw. Disitu gw mikir berbagai cara supaya gw tetep bisa kerja. Gw mulai dari mindahin posisi mouse ke tangan kiri dengan harapan tangan kanan gw supaya lebih istirahat dikit, sampe nurunin elevasi tangan gw dengan harapan tangan gw lebih rileks dan bisa lanjut kerja. Tapi tetep saja, sakit itu gabisa hilang. Sampe akhirnya gw sadar akan satu hal. Gw sadar kalo posisi telunjuk gw ada di mouse kanan, itu bikin tangan gw lebih rileks posisinya. Kenapa bisa begitu ? Sini gw jelasin lebih lanjut.

Posisi Tangan Saat Menggunakan Klik Kanan

Gw tekanin disini settingan mouse gw itu dibalik ya, nanti ada penjelasannya dibawah.

Gw jelasin posisi tangan gw dulu ya, jadi posisinya jari-jari tangan gw (telunjuk sampe kelingking) itu rapet, biarin jempol misah karena untuk genggam mouse supaya gampang digeser.


Kayak gini, posisi rileks dengan telunjuk sampe kelingking rapet

Nah terus, posisiin jari telunjuk di mouse kanan, secara otomatis di klik kiri jadi kosong ga ada jari diatasnya. Sudah deh, begitulah posisi tangan gw kalo lagi pake mouse. Terus klik kirinya gimana ? Ya tetep pake telunjuk juga. Jadi telunjuk itu punya 2 peran, yaitu buat klik kiri sama buat klik kanan.

Terus kalo mau klik kanan ribet dong harus mindahin jari ? eitss enggak dong, fungsi klik kanan kan jarang dipake, makanya kalo butuh ya pake telunjuk juga, ga perlu rubah posisi tangan.

Karena pengaturan mouse gw dibalik, klik kiri jadi klik kanan, dan klik kanan jadi klik kiri. Jadinya posisi telunjuk gw di mouse klik kanan itu berfungsi sebagai klik kiri. Kalau ada yg mau tau cara ubah settingannya, ini gw kasih tau caranya :

Dalam pemakaian komputer pada normalnya, untuk memilih file, mendrag, atau menutup window, semuanya dilakukan menggunakan klik kiri. Hampir semua kegiatan dilakukan dengan menggunakan klik kiri. Sementara itu klik kanan itu sangat jarang digunakan, paling hanya untuk copy paste saja. Itulah kenapa jari telunjuk gw cuma fokus di satu klik aja, karena klik yg satunya lagi jarang diperlukan, lagipula bisa pake CTRL C sama CTRL V yang lebih cepet.

Perbedaan Sama Posisi Tangan Klik Kiri Normal

Bedanya yaitu posisi jari-jarinya yang klik kiri itu lebih merenggang dan tidak rapat. Dikarenakan posisi telunjuk di mouse kiri, dan posisi jari tengah di klik kanan. Hal tersebut membuat jari-jari tangan menjadi ada gap nya. Dan untuk membuat posisi kayak gitu, diperlukan otot tangan tangan sedikit tenaga untuk mempertahankan posisi kayak gitu. Itulah kenapa posisi itu bakal menyebabkan strain (tegangan) pada tendon dan otot jari tangan kalo dipake buat waktu yg lama.


Seperti inilah posisi jari-jari tangan kalo memakai klik kiri, semua jari merenggang dan tidak rapat.

Perbandingan Antara Klik Kiri dan Klik Kanan

Klik Kiri
Sisi Positif : Klik kiri dapat membuat kita terlihat seperti orang normal dan tidak akan diejek
Sisi Negatif : Namun jika terlalu lama digunakan akan menyebabkan sakit pada area tangan.

Klik Kanan
Sisi Positif : Dapat digunakan untuk waktu yg lama dibandingkan klik kiri.
Sisi Negatif : Namun membuat kita terlihat aneh dan harus bersiap diejek orang lain.

Jadi kesimpulannya, lebih baik mana klik kiri atau klik kanan ? Tidak ada, semuanya sama saja tergantung preferensi masing-masing orang yang menggunakannya.

 

Sekaian postingan kali ini, semoga dapat menambah wawasan bagi yang membacanya.

See you in the next post~

 

 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor