To Top Page Up Page Down To Bottom Auto Scroll Stop Scroll

Ini blog buat catatan online aku aja, buat dibuka kalo lagi lupa sesuatu. Kalo lagi ada ide tulis, kalo lupa tinggal buka.

Selasa, 29 Juni 2021

Jempol Tangan Kiri Bergetar Sendiri, Ternyata Gamer’s Thumb

 

Ringkasan dari postingan ini :

Cara untuk mengatasi Gamer’s Thumb adalah dengan istirahat.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai kondisi Gamer’s Thumb ada dibawah, lanjutkan saja membaca postingan ini jika ingin mengetahui lebih lanjut.

Jempol Tangan Kiri Bergetar Sendiri, Ternyata Gamer’s Thumb

Tanggal 29 Juni 2021, sewaktu gw mau ngangkat handphone pake tangan kiri, gw baru sadar ternyata jempol tangan gw yang sebelah kiri bergetar sendiri entah kenapa. Rasanya kayak kena setrum listrik gitu geter-geter jarinya naik turun. Awalnya gw kira itu normal, jadi gw gantian pegang hape pake tangan kanan, dan ternyata jempol gw yang kanan gak geter kayak yg kiri. Disitu gw mulai panik, “ini jempol gw kenapa ya?” gw bicara sendiri dalem hati. Terus gw mulai cari-cari di internet, dan ternyata gw dapet informasi tentang suatu kondisi bernama Gamer’s Thumb.

Penyebab Terjadinya Gamer’s Thumb

Gamer’s Thumb adalah kondisi yang diakibatkan oleh penggunaan jari jempol yang repetitif dalam jangka waktu yang lama. Biasanya kondisi ini terjadi pada gamer yang memainkan game selama berjam-jam tanpa istirahat. Namun, kondisi tersebut tidak hanya diakibatkan oleh main game saja. Mengetik pesan di smartphone dan scrolling di sosial media dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan terjadinya Gamer’s Thumb.

Getaran jempol tangan yang gw alami ini ternyata baru gejala awalnya saja. Untuk kondisi lebih parahnya akan terjadi gejala seperti ini :

  1. Sakit pada jari jempol setelah bermain games
  2. Nyeri dan bengkak di area pangkal ibu jari
  3. Sakit pada pergelangan tangan yang nantinya akan menjalar sampai ke lengan
  4. Sakit pada jempol dan pergelangan tangan yang semakin sakit jika digerakan
  5. Adanya sensasi seperti bunyi klik pada sendi jari saat menggerakan jempol

Untuk kasus gw, gw gak merasakan sakit apa-apa, yg gw rasain cuma jari jempol yang geter sendiri, rasanya kayak kesetrum gitu tapi ga sakit.

Cara Mengatasi Gamer’s Thumb

Gak ada cara lain selain istirahat. Istirahatkan dulu jari-jari kalian, karena dengan terkenanya Gamer’s Thumb itu menandakan bahwa sebenarnya otot-otot dan tendon pada jari kalian sudah lelah dan butuh istirahat.

Sewaktu gw sadar gw terkena Gamer’s Thumb, gw masih maksain buat main games, akhirnya jari gw nambah lemes dan nambah getar. Akhirnya gw langsung udahan main gamenya dan gw langsung tidur. Keesokan harinya tanggal 30 Juni 2021, Gamer’s Thumb gw udah 90% hilang. Hanya tinggal sedikit saja getar yang masih sisa. Dari situ gw sadar kalo cara yang ampuh buat ngatasin Gamer’s Thumb yaitu dengan istirahat.

Cara Mencegah Gamer’s Thumb

Bermain game dengan waktu yang lebih sedikit dari biasanya. Kalau biasanya main 2 jam, kurangi jadi 15 sampai 30 menit saja. Sulit ya ? Untuk sebagian besar gamers memang sulit. Tapi dengan bermain maksimal 30 menit setiap sesi bermain, hal tersebut tentunya dapat mencegah terjadinya Gamer’s Thumb.

Sering-sering melakukan peregangan tangan, baik itu sebelum bermain games maupun sedang ditengah-tengah bermain games. Setelah selesai bermain pun dianjurkan untuk melakukan peregangan tangan.

Istirahatkan tangan secara berkala. Berikan waktu untuk jari-jari anda beristirahat. Banyak orang tidak sadar mereka telah bermain games berjam-jam tanpa istirahat, hal tersebut tentunya dapat memicu terjadinya Gamer’s Thumb.

 

Sebenarnya ada banyak kondisi lain yang bisa dialami oleh gamers seperti Carpal Tunnel Syndrome dan juga Tennis Elbow. Tapi untunglah saya tidak mengalami itu semua, dan kondisi tangan saya yang sekarang ini hanya butuh istirahat saja. Untuk itu dianjurkan supaya kita lebih memperhatikan waktu bermain game dan juga mulai memperhatikan waktu istirahat kita.

Sekian postingan kali ini, semoga dapat berguna dan menambah pengetahuan para pembacanya.

See you in the next post~

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor